Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan
Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan

Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan

Posted on

Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan. Facebook merupakan aplikasi pada media sosial yang memiliki banyak pengguna hingga saat ini. Hampir semua orang mengetahui pemilik aplikasi ini yaitu Mark Zuckerberg yang masuk kedalam daftar orang terkaya di dunia. Tentu saja penghasilannya diperoleh dari aplikasi Facebook ini.

Pada aplikasi ini terdapat iklan atau biasa dikenal dengan “Ads” yang menjadi salah satu sumber penghasilan bagi pemilik aplikasi Facebook ini. Akhir-akhir ini beberapa perusahaan ternama mulai berhenti memasang iklan mereka pada FB. Sebut saja perusahaan ternama Unilever yang memiliki produk dan merk di hampir seluruh dunia.

Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan

Perusahaan ini mulai berhenti memasang iklan pada FB dan berencana berhenti memasang iklan hingga akhir tahun 2020. Bisa Anda bayangkan berapa kerugian yang dialami pihak FB walau hanya dari satu perusahaan saja. Bahkan fakta yang sudah terjadi ternyata Facebook diboikot pengiklan terutama dari kalangan perusahaan besar. Masyarakat awam mungkin akan merasa heran dengan kejadian ini.

Boikot yang sedang terjadi ialah bentuk protes masyarakat terhadap aplikasi ini yang dinilai gagal saat mengatasi adanya ujaran kebencian. Tak hanya Unilever, perusahaan besar lain seperti Coca Cola, Patagonia, Ben & Jerry’s, dan The North Face juga turut serta memboikot aplikasi Facebook.

Berita terbaru dari FB ini sudah naik sejak akhir bulan Juni dan masih bergulir hingga saat ini. Kampanye “Stop Hate for Profit” sebenarnya sudah ada sejak dimulainya gelombang protes atas kematian George Flyod di tangan polisi. Sudah lebih dari 90 perusahaan yang bergabung dalam kampanye tersebut.

Kampanye ini disinyalir semakin memanas akibat adanya konten rasis, mengandung kekerasan serta konten hoaks pada aplikasi Facebook. Hal tersebut tentu memancing amarah dan respon negatif dari seluruh dunia. Sebab, seluruh masyarakat dunia sudah setuju untuk membenci dan menjauhi hal yang berbau rasisme terutama yang disertai kekerasan.

READ  Update Berita Hari Ini : Berapa Kerugian Facebook Setelah Diboikot Pengiklan?

Facebook diboikot pengiklan

CEO Facebook yaitu Mark Zuckerberg kemudian mengatakan bahwa aplikasi ini akan melarang iklan yang mengklaim bahwa orang yang berasal dari ras, agama, orientasi seksual, atau status imigrasi tertentu termasuk ancaman bagi keselamatan fisik atau kesehatan. Namun, pernyataan Zuckerberg tersebut dinilai gagal dalam menahan dan mengatasi ujaran kebencian yang sedang merebak. Pada akhirnya Facebook diboikot pengiklan dengan jumlah yang fantastis.

Ajakan boikot tersebut dimulai oleh kelompok hak-hak sipil Amerika Serikat (AS) yang kemudian menekan aplikasi tersebut untuk mengatasi ujaran kebencian dan informasi yang salah. Beberapa pihak sipil bahkan tidak mempercayai kepemimpinan Zuckerberg akibat statement-nya tersebut.

Berita ter-update ini semakin hangat dibicarakan terutama mengenai kerugian yang dialami pihak Facebook. Menurut beberapa informasi, saham Zuckerberg sudah menurun hingga 8 persen atau setara dengan £6 miliar. Bahkan beberapa diantaranya menyebutkan hal tersebut berpotensi mematikan aplikasi yang sudah digunakan oleh masyarakat dunia ini.

Kesimpulan

Intinya banyak pihak yang meminta Facebook untuk segera menghapus konten atau postingan yang bernada rasisme. Namun, pihak FB tidak bergegas melakukan hal tersebut. Sehingga akhirnya Facebook diboikot pengiklan yang mengakibatkan kerugian dan rusaknya nama baik. Mark Zuckerberg meng-klaim bahwa boikot yang terjadi akan segera berakhir.

Namun, tak ada yang tahu dan dapat memastikan akhir dari peristiwa pemboikotan yang menjadi informasi kabar terkini yang sedang hangat diperbincangkan. Harapannya semoga pihak Facebook dapat mengatasinya dengan tangan terbuka sehingga konflik panas yang terjadi bisa segera mereda. Sebab, rasisme dan sejenisnya tidak dapat ditoleransi di tengah keberagaman yang ada di dunia ini.

 

 

 

One thought on “Update Berita Terkini Perihal Facebook Diboikot Pengiklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *